Pertemuan pertama dengan pak MRG(Pengantar Ilmu Komunikasi)

Hari ini adalah hari pertama gue masuk kuliah.Saat memasuki mata kuliah yang kedua yaitu Pengantar ilmu komunikasi,ada Seorang lelaki tampan*ecieee*memasuki ruangan kelasku.Awalnya terbesit di benakku bahwa beliau adalah seorang dosen yang ‘killer’,apalagi beliau membawa 5 buku yang tebal-tebal.Akhirnya kami memulai pelajaran dengan memperkenalkan diri masing-masing………and then

Jeng jeng jeeenggggg….. pak Ranto(re:MRG) orangnya lucuuu banget…huahahaha.sekelas gak berenti ketawa karna lawakannya. Dan gue inget banget saat gue perkenalkan diri,di akhir perkenalan MRG bilang “kamu HARUS jadi orang kaya” Amiiin…. Amiin YRA*terharu banget,belum pernah ada orang yang memotivasi gue kaya gini p(*.*)q *.suaranya pak ranto(re:MRG) tuh membawa spirit belajar banget dan kata2nya jadi gampang nempel di otak.setelah pipi lelah dan perut sakit akibat ketawa mulu,akhirnya kita memulai belajar*belajar yang sebenarnya*

kata pak ranto, orang2 ilmu komunikasi adalah ARTIS…. jadi kita harus selalu menjadi bintang dimanapun kita berada.yeahhhh ahaa. ._. trus,pak ranto(re:MRG) menceritakan tentang sesuatu yang mempunyai makna bahwa komunikasi itu sangat penting bagi manusia.gini nihh ceritanya….versi guehh”di sebuah hutan, ada seorang manusia panggil saja dia……hmmm…apa yaa…JJ(re:Jaejoong) *kyaa~ (*o*).si jaejoong ini mau dorong batu yang besar karna menghalagi jalan hutan itu,dia mendorongnya dengan sekuat tenaga jiwa dan raganya*lebayyy*.tetapi, dia tidak bisa memindahkan batu tersebut.lalu, lewatlah orang lain… yaitu kai*ehmm* lalu JJ memangil kai dengan bahasa isyarat*melambaikan tangan*,ya namanya juga masih jaman purba blm ada bahasa ya..JJ lalu memberi contoh mendorong batu sambil manggil2 kai.dan kai pun mengerti maksud JJ itu. lalu,mereka berdua duduk bersampingan *ditengahnya ada gue nyempil*mereka sepakat dan memulai mendorong batu itu berduaan,sekali lagi dengan sekuat tenaga,jiwa,raga dan cintaku padamu*aihhh*.merekapun berhasil,dan membicarakan kesepakatan tadi sambil meminum soju(?). pada akhirnya mereka bersepakat untuk memboyong istri(re:penulis)*HAHA serta anak masing2 dan tempat itu dijadikan perkampungan bersama…. THE END”

cerita yang panjang yaah*fiuhh*lap keringet yaa, jadi begitu kawan2…*sejak kapan kita berkawan(??)huehehe .bisa di lihat bahwasanya*asekk ilustrasi di atas menyadarkan kita bahwa pentingnya komunikasi,bahkan dapat membawa suatu kehidupan yang lebih baik.coba pikirkan jika tidak ada komunikasi,mau jadi apa peradaban inii??.yaa.. komunikasi sangat penting yah.. apalagi untuk membina sebuah hubungan romantisme*uhuk , tanpa komunikasi hbungan tidak akan bisa berjalan lancar.

pak MRG juga menjelaskan tentang 7 tradisi dalam ilmu komunikasi yaitu:

  1. tradisi sosio-psikologi(Komunikasi Sebagai Proses Interaksi Masyarakat yang Menguntungkan)contohnnya:manusia adalah mahluk sosial,tidak bisa hidup sendiri.
  2. tradisi sibernatika(Komunikasi sebagai Pengolahan Informasi)contohnya:sebuah kelompok bermain oper bisikan,dari orang pertama membisikan “orang itu cantik ,baik hati ,tidak sombong dan tidak suka gosip.tidak mungkin sampai kepada orang terakhir dengan kalimat yang persis sama seperti orang pertama.
  3. tradisi retorika(Komunikasi Sebagai Seni Berbicara di Depan Publik)contohnya:berbicara kepada orang yang akan bunuh diri dan mempengaruhinya untuh mengurungkan niatnya untuk bunuh diri.
  4. tradisi semiotika(Komunikasi sebagai Proses Pertukaran Simbol)contoh:batu besar yang tadi di ceritakan, akhirnya menjadi simbol dari pedesaan itu. dan simbol itu di ceritakan kepada anak cucunya.
  5. tradisi sosio-kultural(Komunikasi Sebagai Penciptaan dari Realitas Sosial)contohnya:orang yang dibawah umur selalu mencium tangan bila bertemu otang yang lebih tua, padahal tidak pernah tertulis pada undang2 atau buku manapun.itu adalah budaya etika yang di lestarikan sejak dulu.
  6. tradisi kritis(Komunikasi Sebagai Hasil dari Perefleksian Sebuah Wacana)contohnya:mahasiswa berdemo karena nilai tukar rupiah dengan dollar us.mahasiswa menilai bahwa kinerja pemerintah yang kurang baik dalam menangani maslah ini.
  7. tradisi fenomenologi(komunikasi sebagai Pengalaman Diri Melalui Dialog)contoh:adanya gojek membuat para pengojek konvensional geram karna berkurangnya pendapatan.tak kadang jika ada gojek yang lewat ke daerah ojek konvensional sering di pukuli.

lelahh (~.~).. hehehe. begitulah pengalaman gue, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi untuk orang2 yang baca.amiin. dadaaahhh… (/^.^)/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s